top of page

Jangan Sembarang Pilih Tempat Makan! Ini Jenis Plastik yang Aman untuk Menyimpan Makanan


Wadah Makanan Berbahan Dasar Plastik, photo by Ella Olsson (Pexel)
Wadah Makanan Berbahan Dasar Plastik, photo by Ella Olsson (Pexel)

Di zaman yang serba cepat saat ini, kenyamanan sering kali menentukan pilihan kita, terutama dalam hal penyimpanan dan pengemasan makanan. Namun, di tengah kemudahan tersebut, muncul kekhawatiran penting: keamanan bahan yang kita gunakan untuk menyimpan dan mengangkut makanan.


Plastik, yang ada di mana-mana dalam kehidupan kita sehari-hari, telah mendapat sorotan karena potensi dampaknya terhadap kesehatan, terutama jika bersentuhan dengan makanan. Ketika konsumen semakin sadar akan dampak pilihan mereka terhadap kesehatan pribadi dan lingkungan, kebutuhan akan kejelasan mengenai plastik mana yang aman untuk menjadi wadah makanan menjadi hal yang sangat penting.


Dalam artikel ini, kami mendalami dunia plastik, mengeksplorasi jenis-jenis plastik yang dianggap aman jika bersentuhan dengan makanan, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat mengenai wadah yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan dan camilan.


 

Apa bedanya Food Grade dan Food Safe dalam jenis plastik untuk menyimpan makanan?

Food grade mengacu pada bahan yang dianggap aman untuk dikonsumsi atau bersentuhan langsung dengan makanan. Klasifikasi ini mencakup plastik tidak beracun yang digunakan dalam peralatan produksi makanan, seperti peralatan kuliner seperti talenan yang dibuat dari lembaran HDPE.


Namun, bahan food grade hanya dianggap aman untuk digunakan dalam makanan bila digunakan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan untuk menghindari risiko keselamatan. Misalnya, wadah penyimpanan plastik yang dirancang untuk sereal kering mungkin tidak cocok untuk menyimpan sup panas, karena panas dapat menurunkan komposisi kimia plastik, berpotensi mencemari makanan dengan racun, sehingga tidak layak untuk dikonsumsi. Maka, Food Grade belum tentu Food Safe (aman untuk wadah makanan) bila wadah tidak digunakan denan tepat.


Cara Melihat Wadah Makanan Food Grade atau Tidak

Biasanya pabrikan plastik tempat makanan memiliki cara yang mudah untuk melihat apakah wadah plastik kamu sudah food grade atau belum.


Cara Paling Mudah

  1. Balik Wadah/Kemasan Plastik dan Lihat Bawahnya. Biasanya teradpat label jenis plastik di sana.

  2. Cari simbol daur ulang (recycle). Simbol ini berbentuk segitiga dengan 3 panah dimana ditengahnya terdapat angka yang mengidentifikasi apa jenis plastik wadah tersebut.

  3. Lihat simbol angka plastik tersebut dan cocokkan pada jenis plastiknya di gambar dibawah ini, kemudian lihat kode warna di gambar, bila hijau maka plastik tersebut Food Grade,

Catatan: Tidak semua food grade dapat aman bersentuhan dengan makanan (food safe). Maka dibutuhkan pengetahuan lebih lanjut mengenai jenis plastik masing-masing di kondisi berbeda (contoh: pemanasan, pendinginan, bahan makanan tertentu).


Cara Lain Dengan Simbol Lain

Bila simbol jenis plastik tidak ada atau tidak jelas, maka anda dapat melihat cara lain seperti:

  1. Lihat simbol yang merepresentasikan makanan, misal sendok, garpu, gelas, piring, dsb. Bila terdapat simbol ini, maka aman untuk digunakan sebagai wadah makanan. Bila simbol ini di coret, seharusnya anda menghindarinya.

  2. Lihat simbol microwave. Bila terdapat simbol microwave berarti wadah ini aman untuk anda gunakan sebagai wadah makanan dengan memanaskannya di microwave.

  3. Lihat simbol salju/snowflake. Bila terdapat simbol salju berarti wadah plastik aman disimpan sebagai wadah makanan dengan mendinginkannya di freezer.

  4. Lihat simbol dishwasher/pencuci alat makanan.


Cara Lain Bila Tidak Terdapat Simbol Apapun

  1. Bila tidak terdapat dimbol tersebut, maka sebaiknya melihat keumuman fungsi-nya. Misalnya dengan melihat bentuk plastik tersebut biasanya digunakan untuk apa?

  2. Melihat apakah wadah plastik sebelumnya digunakan untuk apa. Anda dapat melihat misalnya dari bekas label, apakah label tersebut menunjukkan wadah tersebut menjadi wadah makanan sebelumnya?

  3. Melihat simbol-simbol food grade di bekas label.


Jenis Plastik apa yang paling aman untuk wadah makanan?

Jenis plastik yang paling aman sebagai wadah makanan dan minuman adalah HDPE, LDPE, dan Plastik PP. Dengan wadah ini, makanan dapat disimpan dengan aman karena sifat plastik ini yang kedap air, atau racun.

Kesimpulannya, mengetahui plastik mana yang aman untuk wadah makanan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan integritas makanan kita. Dengan memahami karakteristik dan penggunaan berbagai plastik yang tepat, kita dapat membuat pilihan berdasarkan informasi yang mengutamakan keselamatan dan keberlanjutan.


Plastik HDPE aman untuk wadah makanan

Sebagai produsen yang berkomitmen memproduksi plastik berkualitas tinggi dan aman bagi pangan, Prima Jaya Plastik dengan bangga menawarkan material HDPE (High-Density Polyethylene) untuk wadah makanan.


Plastik HDPE kami diuji secara ketat untuk memastikan kepatuhan terhadap standar keamanan pangan, memberikan ketenangan pikiran bagi konsumen yang mencari solusi pengemasan yang andal dan ramah lingkungan.


Pilih Prima Jaya Plastik untuk kebutuhan wadah makanan Anda, dan bergabunglah bersama kami dalam mempromosikan kesehatan, keselamatan, dan tanggung jawab lingkungan melalui produk kami. Bersama-sama, mari kita wujudkan masa depan di mana kemasan makanan tidak hanya menjaga kesegaran namun juga menjunjung tinggi kesejahteraan individu dan planet kita.


 

Referensi:


Comentários


bottom of page