top of page

Cara Buang Minyak Jelantah Bekas yang Baik


Minyak Goreng yang Sedang Digunakan. Photo by cottonbro studio (Pexel)
Minyak Goreng yang Sedang Digunakan. Photo by cottonbro studio (Pexel)

Minyak goreng bekas adalah produk sampingan yang umum di banyak rumah tangga dan dapur komersial. Meskipun kita tergoda untuk membuangnya begitu saja ke saluran pembuangan atau membuangnya ke tempat sampah, pembuangan minyak goreng yang tidak tepat dapat berdampak buruk pada lingkungan dan infrastruktur publik. Mulai dari pipa yang tersumbat dan cadangan limbah hingga pencemaran lingkungan, dampak dari pembuangan yang tidak tepat sangatlah luas.


Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi pentingnya buang minyak jelantah, pembuangan minyak goreng bekas secara bertanggung jawab dan memberikan tips praktis tentang cara melakukannya dengan aman dan berkelanjutan. Baik Anda seorang juru masak rumahan atau pemilik restoran, memahami metode yang tepat untuk membuang minyak goreng bekas sangat penting untuk melindungi properti Anda dan lingkungan.


 

Jangan Buang Minyak Jelantah di Wastafel atau Toilet

Bila anda membuang minyak bekas ini ke wastafel, risikonya tinggi karena minyak dapat mendingin. Saat minyak panas mendingin, minyak tersebut dapat memadat, menempel pada permukaan bagian dalam pipa dapur Anda. Lama kelamaan minyak yang memadat dapat mengakibatkan penyumbatan pipa, banjir, dan biaya perbaikan pipa yang besar, belum lagi rasa frustrasi yang menyertainya.


Penting untuk menyadari bahwa masalah ini tidak hanya terjadi pada pipa dapur, tetapi juga mempengaruhi semua sistem perpipaan misalnya lubang toilet, septic tank, dsb. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari pembuangan minyak ke saluran pembuangan atau sistem septik untuk mencegah kerugian dan ketidak nyamanan ini.


Cara Membuang Minyak Jelantah yang Benar

Bila anda memiliki minyak yang tidak digunakan oleh anda kembali misalnya setelah memasak, ada baiknya anda memperhatikan cara membuangnya. Tujuan akhir untuk anda yaitu agar minyak bekas ini tidak menumpuk dalam rumah/dapur. Maka, PrimaJaya Plastic merangkum beberapa cara yang baik dan kreatif untuk membuangnya.


Cara Pertama: Daur Ulang

Solusi yang paling baik untuk membuang minyak jelantah anda adalah dengan cara tidak membuangnya, dengan kata lain mendaur ulang minyak bekas anda. Caranya adalah dengan cara memberikan minyak bekas anda kepada pengumpul minyak jelantah. Misalnya perusahaan Noovoleum, yaitu perusahaan yang bergerak dalam mengumpulkan minyak jelantah rumah tangga, bahkan memberikan insentif bila anda menjual minyak jelantah tersebut kepada mereka.

Kumpulkan minyak jelantah anda dengan wadah terbaik dari PrimaJaya Plastic

Rekomendasi Produk



Beli Produk di Halaman Ini


Cara kedua: Membuangnya Dengan Memperhatikan Cara Pembuangan

Bila anda memiliki minyak dalam jumlah tidak terlalu besar, maka cara membuangnya lebih baik membuangnya dengan sampah lain terutama sampah yang menyerap, misalnya tisu, pasir, tanah. Beberapa langkah persiapan yang ada harus lakukan:

  1. Setelah digunakan, minyak harus didinginkan terlebih dahulu atau dibiarkan mendingin, dan kumpulkan dalam satu wadah yang ingin dibuang. Lebih baik lagi bila anda mau untuk membekukan minyak tersebut dalam freezer. Jangan gunakan kantung plastik yang tipis dan mudah rusak.

  2. Bila memungkinkan campurkan dengan bahan penyerap yang anda ingin buang juga misalnya pasir kucing, tisu makan, tanah, dsb.

  3. Bila telah dingin, tutup wadah tersebut dengan rapat agar menjaga minyak tidak bocor dan malah merusak lingkungan. Contoh wadah yang baik misalnya jerigen, atau botol yang telah di rekomendasikan oleh PrimaJaya Plastic di poin sebelumnya.

  4. Pastikan lagi tutup rapat dan tidak bocor. Kemudian buang di tempat sampah.


Cara ketiga: Memberikan ke Restoran/Industri Terdekat

Bila di sekitar anda terdapat restoran atau industri yang memanfaatkan minyak, maka anda dapat meminta tolong tempat tersebut untuk membuang minyak jelantah anda secara lebih baik. Biasanya, restoran atau industri tersebut memiliki tempat yang lebih terstandarisasi untuk membuang limbah khusus minyak.


Tips untuk Mengurangi Limbah Minyak

Cara terbaik untuk mengurangi limbah minyak adalah membatasi pemakaian minyak tersebut. Beberapa caranya adalah:

  • Menggunakan Air Fryer atau mempertimbangkan cara masak yang lain. Selain lebih bersih, penggunaan cara tanpa minyak biasanya lebih sehat.

  • Menggunakan kembali minyak tersebut selama tidak kotor dan masih baik kualitasnya.

  • Mempertimbangkan untuk memasak bahan yang mengotori minyak di waktu akhir sesi memasak. Misalnya memasak daging atau ikan diletakkan di akhir waktu agar minyak dapat digunakan terlebih dahulu oleh bahan yang lain.

  • Menyimpan limbah minyak di tempat yang baik, misalnya di Jerigen.


Plastik HDPE Aman Terhadap Minyak

Pembuangan minyak goreng bekas dengan benar tidak hanya penting untuk menjaga fungsi pipa ledeng Anda tetapi juga untuk menjaga lingkungan. Dengan mengelola limbah dapur secara bertanggung jawab, seperti minyak, kita dapat mencegah penyumbatan pipa yang merugikan dan meminimalkan jejak ekologis.


Di PrimaJaya Plastic, kami memahami pentingnya solusi pengelolaan sampah berkelanjutan. Itu sebabnya kami menawarkan wadah HDPE (High-Density Polyethylene) berkualitas tinggi dapat untuk menyimpan limbah dapur, termasuk minyak jelantah.


Wadah kami yang tahan lama dan anti bocor menyediakan cara yang aman dan nyaman untuk mengumpulkan dan membuang minyak, membantu Anda menghindari masalah perpipaan sekaligus mengedepankan tanggung jawab terhadap lingkungan.


Pilih PrimaJaya Plastik untuk kebutuhan penyimpanan limbah dapur Anda dan bergabunglah bersama kami dalam komitmen menjaga kesehatan rumah dan planet kita. Bersama-sama, mari kita ciptakan dampak positif dengan menerapkan praktik berkelanjutan dalam setiap aspek kehidupan kita sehari-hari.


 

Referensi

留言


bottom of page